Kamis, 04 Maret 2010

Internet marketing Indonesia: market size, positioning and market trend

Saya baru saja mereview target market dan marketing strategy untuk bisnis online saya. Selama ini saya selalu beranggapan bahwa market luar negeri adalah market yang paling menggiurkan untuk bisnis online karena potensi penghasilan dalam USD bagi marketers dan kecepatan peningkatan penghasilan yang mengagumkan.

Sementara untuk market dalam negeri, saya beranggapan market di sini kurang menarik karena penghasilan dalam IDR (baca Rupiah) dan peningkatan penghasilan yang lebih lambat.

Namun setelah saya membaca satu artikel yang ditulis oleh Habibie Afsyah yang secara terbuka mengatakan bahwa penghasilannya dari Amazon.com menurun drastis sejak krisis ekonomi yang melanda Amerika dan setelah saya lakukan research tentang potential market dalam negeri, saya baru sadar bahwa anggapan saya selama ini salah besar!

Beberapa hal yang saya temukan adalah sbb:
1. Indonesia adalah negara dengan populasi no. 4 terbesar di dunia
Dengan populasi 250 juta jiwa dan peningkatan jumlah pemakai internet yang diperkirakan akan mencapai angka 40 juta dalam tahun 2010 ini merupakan target market yang sangat menjanjikan dengan market size yang sangat luas.

2. Pencari keyword "internet marketing" di search engine Google terbanyak dari negara Indonesia Terlihat jelas bahwa demand yang sangat tinggi akan informasi tentang internet marketing telah terbentuk di market lokal. Semua orang mulai mencari informasi yang berkaitan dengan internet, bisnis online, dan bagaimana cara menghasilkan uang dari internet. Bila demand sudah ada, tinggal kita menyediakan supply produk dan jasa yang sesuai dengan demand tersebut. Dan saya yakin saat ini perbandingan jumlah supply masih sangat sedikit dibandingkan demand yang ada.

3. Pertumbuhan Facebook users Indonesia tertinggi di dunia
Menurut data terakhir per 1 Januari 2010, pengguna Facebook di Indonesia sudah mencapai 15 juta lebih dengan growth rate 10%, merupakan angka users tertinggi di Asean dan growing rate tertinggi di dunia. Ini berarti demam facebook tengah melanda Indonesia, sehingga akan semakin banyak orang yang mengenal dunia internet, yang pada akhirnya akan meningkatkan market size bisnis online di tanah air.

Jadi dengan potensi yang begitu luar biasa di online market local, rasanya sangat disayangkan bila kita sebagai Indonesian online marketers tidak mau serius menggarap market ini.





3 komentar:

  1. halo Cris Suharti, salam kenal buat kamu, ini kunjungan pertama saya ke blog ini, salam dari Andi Darmawan.

    BalasHapus
  2. setuju banget.
    market Indonesia memang potensial.

    BalasHapus
  3. Benar. market lokal sangat luar biasa. Tinggal pintar-pintar bagaimana kita memanfaatkan peluang yang ada

    BalasHapus